Risks with Cloud Computing and Virtualization

Dalam postingan kali ini, saya akan mengulas sebuah video mengenai cloud computing dan virtualization. Video ini saya ambil dari Youtube, dengan tautan sebagai berikut https://youtu.be/b4b8ktEV4Bg. Video yang berdurasi sekitar 6 menit ini sudah di publish dari Agustus 2014 dan sudah pernah ditonton mencapai 33 ribu kali.

RINGKASAN

Cloud Computing dan Virtualization merupakan hal yang sedang booming saat ini. Banyak pebisnis yang akhirnya menggunakan kedua teknologi tersebut dengan alasan-alasan tertentu. Namun ada hal penting yang harus diperhatikan, salah satunya adalah ancaman keamanan yang mungkin terjadi dalam penggunaan teknologi tersebut. Tentu bukan merupakan suatu hal yang baik dan benar, jika terdapat sebuah resource yang bisa diakses banyak orang, namun tidak ada batasan atau memiliki keamanan yang rendah sehingga data yang penting sekalipun bisa ikut diakses oleh orang lain.

Celah keamanan bisa timbul dari sistem yang kita ciptakan, namun bisa juga ada ancaman dari pihak ketiga tempat kita menciptakan sebuah sistem Cloud Computing. Seperti yang baru terjadi saat ini, yang menyerang cloudfare atau biasa disebut "CloudBleed". Sering kali akhirnya kita harus mempercayakan semuanya kepada pihak ketiga tersebut, dan mengasumsikan bahwa keamanan yang mereka berikan sudah baik. Karena sekalipun terjadi sesuatu hal yang tidak diinginkan, kita tidak dapat melakukan banyak hal karena terbatasnya akses kedalam sistem cloud computing (seperti jika server down). 

Celah keamanan lain yang perlu diperhatikan adalah saat kita menggunakan teknologi virtualization. Virtualization merupakan teknologi yang sangat canggih, karena dengan virtualization kita dapat menciptakan sebuah big computer. Yang mungkin sebelumnya diciptakan dengan menggabungkan banyak komputer, namun sekarang dapat membuatnya menjadi benar-benar satu komputer besar. Namun masalahnya ada pada Virtualization layer, dari layer tersebut kita dapat mengakses seluruh data yang ada. Artinya jika seseorang mendapatkan akses di Virtualization Layer tersebut, maka seluruh data yang ada pun bisa diakses olehnya. Dan faktanya adalah, belum terdapat firewall yang mampu untuk menangani sistem virtualization atau si "komputer-besar" ini.

PANDANGAN PENULIS

Menggunakan Cloud Computing ataupun Virtualization merupakan sesuatu yang sangat berguna di zaman sekarang. Dengan menggunakan teknologi, sebuah perusahaan mampu untuk memperbesar sistemnya dengan lebih mudah, mampu menciptakan sebuah resource yang bisa diakses oleh banyak orang, dan keuntungan-keuntungan lainnya. Namun adalah sebuah keharusan bahwa kita harus tetap mempertimbangkan segalanya, termasuk ancaman-ancaman yang mungkin terjadi dengan teknologi tesebut. Dan berusaha mencegahnya, sebelum akhirnya merugikan diri sendiri maupun pihak lain.
 
Github Account : murizaro
Video Author : Computerphile
Pemetaan : Week 02
Tanggal Revisi Pertama : 20 - Mei - 2017
Tanggal Revisi Kedua : 20 - Mei - 2017

Komentar

Postingan populer dari blog ini

RANKING03 ULASAN PESERTA OS 2017-1

RANKING09 ULASAN PESERTA OS 2017-1

RANKING07 ULASAN PESERTA OS 2017-1